Home Articles 4 Langkah Mengatasi Port pada PABX yang Mengalami Kerusakan
4 Langkah Mengatasi Port pada PABX yang Mengalami Kerusakan PDF Print E-mail
Friday, 08 November 2013 15:49

PABX merupakan alat komunikasi yang sangat dibutuhkan bagi kantor di Indonesia ini termasuk di Jakarta. Dengan PABX komunikasi antar kantor menjadi lebih efektif dan efesien. Karena itu, banyak kantor-kantor di Indonesia ini yang sudah memakai PABX saat ini.

Tak sedikit orang yang menemukan permasalahan di PABX, salah satunya adalah Port yang tidak berfungsi. Banyak orang yang menemukan masalah ini kebigunggan bagaimana cara mengatasinya. Untuk itu kali ini kami akan membahas bagaimana cara mengatasi Port yang tidak befungsi pada PABX. Berikut cara mengatasinya.

Mengetahui Nomor Extension yang Rusak

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui nomor extension yang rusak dan mencocokkan dengan catatan terakhir yang ada untuk mengetahui jack atau port dari pabx yang mati.

Membuka Top Front Cover

Front Cover PABX Panasonic

Setelah itu Anda dapat membuka 'top front cover' dengan mengendorkan sekrup yang ada kemudian menekan tanda panah kiri dan kanan pada 'top front cover' dan mengangkat sedikit 'top front cover' untuk melepaskan dari body pabx.

Lepaskan Jack Port Yang Diduga Rusak

Cara Melepas Jack Port di PABX Panasonic

Langkah selanjutnya adalah melepaskan jack yang portnya diduga mengalami kerusakan. Perhatikan jack extension terletak di sebelah kanan (lihat pada gambar yang tertulis Extension Modular Jacks) jack 1 mulai dari sebelah paling kiri dan berakhir pada jack 8 yang paling kanan.

 

Periksa Pesawat Key

Gambar Port Pesawat Key

Langkah selanjutnya adalah memeriksa pesawat key, jika extension dapat berfungsi, maka Anda harus memeperiksa terlebih dahulu apakah sesuai dengan nomor extension yang mengalami kerusakan atau tidak. Dengan demikian dapat dipastikan problem ada di kabel yang menghubungkan dari pabx ke titik di ruangan telepon terpasang.

Jika dihubungkan pesawat key telephone tidak berfungsi, maka periksalah dengan menggunakan pesawat single line telephone. Jika berfungsi SLTnya maka kemungkinan ada kerusakan di rangkaian data atau pada wire H dan L (lihat gambar). Dan itu harus  dilakukan perbaikan atau repair pada rangkaian port pada PABX. Maka carilah orang yang dapat memperbaiki hal tersebut atau Anda bisa menghubungi kami di kontak kami.

Demikianlah tips yang kali ini kami buat, semoga dapat bermanfaat untuk Anda dalam memperbaiki PABX yang mengalami kerusakan pada Portnya.

Last Updated on Wednesday, 22 July 2015 10:09
 

Who's Online

We have 24 guests online