Home Articles 2 Macam Pabx: Digital Pabx & Analog Pabx
2 Macam Pabx: Digital Pabx & Analog Pabx PDF Print E-mail

2 Macam Tipe PABX

 

PABX merupakan sebuah sentral kecil yang digunakan di dalam suatu lingkungan terbatas, yang merupakan pusat dari suatu jaringan peripheral peralatan komunikasi. Jumlah sambungan (extension) yang dapat dikelola tergantung dari kapasitas PABX itu sendiri.

Untuk menghubungkan extension dengan pelanggan yang berada di luar PABX, pada PABX dilengkapi dengan trunk. Umumnya dipasang pada kantor-kantor, hotel, rumah sakit atau pabrik pabrik yang memakai telepon sebagai sarana komunikasi untuk hubungan antar ruangannya.

Masing-masing pesawat telepon tidak secara langsung tersambung pada sentral pusat, tetapi melalui PABX.


Perbedaan antara Digital PABX dengan Analog PABX

Seperti yang yang dkutip pada Wikipedia, sebenarnya ada 4 tipe dan jenis PABX yang sudah tersebar, tapi, pada kesempatan kali ini, admin hanya ingin membahas tipe PABX yang sudah bersahabat dan berteman akrab dengan kita, yaitu:


A. Digital PABX


Jenis ini biasanya memakai kabel telepon 4 kawat dan pesawat telepon extension yang juga digital. Pesawat telepon digital harganya mahal sekali, sekitar Rp1.000.000 per buah. Mahalnya seperti harga key telephone yang juga memakai kabel tilpon 4 kawat. Key telephone adalah semacam PABX dimana masing-masing pesawat teleponnya bisa berfungsi sebagai operator console.


B. Analog PABX (Votel PABX)


Jenis ini memakai kabel telepon 2 kawat dan pesawat telepon extension yang juga analog (Tone dial). Pesawat telepon analog relatif murah, sekitar Rp75.000 per buah untuk kualitas yang cukup baik. Votel PABX mempunyai 10 model yang semuanya dilengkapi dengan feature DISA-OGM recording. DISA (Direct Inward Station Access; atau DID=Direct Inward Dialing) berfungsi sebagai operator otomatis dimana penelepon setelah menekan nomor teleponnya dapat langsung menekan nomor extension yang dikehendaki. Kalau di kantor, misalnya nomor extension 805 dari manager keuangan atau kalau di rumah tangga nomor extension dari salah satu kamar anak. OGM (Out-Going Message) recording berfungsi untuk merekam suara "greeting" yang akan terdengar oleh penelepon dan berisi informasi suara untuk menekan nomor extension yang dikehendaki, misalnya "Selamat datang di PT ABC; untuk pimpinan tekan 801, penjualan 803, keuangan 804, teknik 804, dan operator 802."

 

Who's Online

We have 100 guests online